Kamis, 11 September 2014

jangan Menyerah



HIDUP di dunia ini memiliki banyak persoalan yang harus dihadapi oleh manusia. Tentu saja, ada banyak solusinya, bukan? Sebagai manusia yang terlahir ke dunia dengan banyak kelebihan dibandingkan makhluk Tuhan lainnya, kita harus semangat jalani kehidupan ini dengan semua tantangannya yang harus kita hadapi. Tak perlu lari dari masalah bila kita sedang bermasalah. Untuk apa berlari tapi kita tak bisa bersembunyi? Kita akan semakin kesulitan menyelesaikan satu masalah bila lari darinya. Tulisan ini adalah ajakan bagi kita semua untuk hadapi hidup dengan penuh semangat dan tak pantas berputus asa. Bukankah kita masih bisa bernafas sekarang?
Kita tahu bahwa banyak orang yang sedang mencari cara keluar dari masalah masing-masing. Bahkan, ada dari rekan-rekan sedang memiliki beban ketika membaca tulisan ini. Percaya dan yakinkan diri teman-teman bahwa hidup ini indah dengan adanya masalah-masalah. Tuhan ciptakan semua itu lengkap dengan solusinya. Tetapi, kita harus bersemangat hadapi semua itu dengan tidak menganggapnya masalah. Anggap saja mereka sebagai tantangan yang harus kita hadapi. Tak perlu taku! Kita pasti bisa hadapi semuanya dengan pikiran yang tenang dan semangat tinggi arungi kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.
Masalah sekecil apapun tak akan pernah terpecahkan bila kita takut menghadapinya. Konon lagi masalah yang lebih besar dan kolosal, kita harus hadapi; jangan lari!
Putus asa itu bukanlah cara yang tepat menghadapi masalah. Jangan menyerah dan bangkitlah kembali bila sedang terjatuh. Mari kita melangkah dan kembali berjalan meski harus hadapi onak dan duri. Banyak rintangan yang kita temukan di jalan yang berbatu dan berlubang. Tapi, tetap yakin bahwa kita akan temukan jalan yang mulus.
Andai pun kita harus seberangi sungai, merenangi lautan, dan mendaki gunung yang terjal sekalipun tetaplah yakin bahwa semua persoalan pelik yang kita hadapi hari ini akan hilang. Semuanya akan berganti dengan kebahagian yang hakiki.
Kita tak perlu mengingat banyak persoalan pahit di masa lalu. Mari kita maafkan mereka meskipun tidak bisa mengubah apa-apa, namun hal ini penting dalam upaya membangun masa depan yang lebih baik seperti yang kita mau. Ingatlah pepatah orang bijak bahwa pelaut ulung tidak pernah dilahirkan dari ombak yang tenang. Tidak pernah!
Tetap semangat jalani hidup dengan penuh keyakinan akan berhasil. Tersenyumlah dengan tulus kepada saudara, tetangga, dan rekan-rekan di lingkungan kita. Sikap ramah dengan tutur kata yang sopan kepada lawan bicara adalah satu langkah maju menuju hidup sesuai dengan impian kita semua; meraih sukses di dunia dan akhirat!

0 komentar:

Posting Komentar